Friday, April 18, 2014

TUJUAN ILMU BUDAYA DASAR

Ilmu Budaya Dasar tidak lain merupakan usaha yang diharapkan dapat memberikan pengetahuan dasar dan pengertian umum tentang konsep-konsep yang dikembangkan untuk mnegkaji masalah-masah manusia dan kebudayaan. Dengan demikian jelas matakuliah IBD tidak dimaksudkan untuk mendidik seorang pakar dalam salah satu bidang keahlian (disiplin) yang termasuk dalam pegetahuan budaya, akan tetapi Ilmu Budaya Dasar semata-mata sebagai salah satu usaha mengembangkan kepribadian mahasiswa dengan cara memperluas wawasan pemikiran serta kemampuan kritikalnya terhadap nilai-nilai budaya, baik yang menyangkut orang lain dan alam sekitarnya, maupun yang menyangkut dirinya sendiri.
Tujuan dasar dari IBD adalah untuk memberikan pengetahuan dasar dan umum dan pengertian umum tentang konsep-konsep yang dikembangkan untuk mengkaji berbagai persoalan budaya serta persoalan yang dihadapi manusia. Selain itu IBD menggambarkan berbagai disiplin ilmu termasuk di dalamnya pengetahuan budaya (the humanities). Disamping itu, IBD mempelajari pengembangan kepribadian bagi kita yang mempelajarinya. Sehingga dengan begitu kita bisa menjadi lebih kritis terhadap nilai-nilai budaya.

Namun demikian, untuk memenuhi tujuan ideal tersebut, IBD dengan sendirinya memberikan harapan kepada kita. Yaitu :
1.      Mengusahakan penajaman dan kepekatan pola pikir kita terhadap lingkungan budaya. Sehingga kita lebih mudah menyesuaikan diri dengan lingkungan baru, terutama untuk kepentingan setiap individu.
2.      Memberikan kesempatan bagi kita semua untuk memperluas wacana tentang berbagai masalah yang dihadapi manusia maupun berbagai persoalan budaya.
3.      Mengkader kita untuk menjadi individu yang toleran dan tidak terjerumus dalam sifat kedaerahan, fanatisme agama, maupun rasa tau golongan. Hal ini karena ruang lingkup pendidikan yang kita rasakan saat ini cenderung membuat setiap manusia berpandangan sempit, mementingkan golongan dan lain sebagainya.
Dalam ringkas dapat disebutkan bahwa tujuan Ilmu Budaya Dasar adalah perlunya melakukanpembentukan pemikiran yang khususnya berkenaan dengan kebudayaan dan kemanusiaan agar daya tanggap, persepsi, dan penalaran berkenaan dengan lingkungan budaya dapat diperluas.

Sumber :
http://anneahira.blogspot.com

No comments:

Post a Comment