Friday, April 18, 2014

KEPRIBADIAN BANGSA TIMUR

Kepribadian bangsa timur dapat diartikan suatu sikap yang dimiliki ileh suatu Negara yang menentukan penyesuaian dirinya terhadap lingkungan. Kepribadian bangsa timur pada umumnya merupakan kepribadian yang mempunyai sifat toleransi yang tinggi. Kepribadian bangsa timur sangat identic dengan benua Asia khususnya Indonesia. Kepribadian bangsa timur identik menjunjung tinggi nilai kesopanan dibanding budaya barat. Selain itu, kepribadian bangsa timur khususnya Indonesia juga lebih terbuka dan ramah tamah serta lebih bersahabat. Bangsa timur juga amat peduli dengan orang lain. Hal ini dibuktikan dengan adanya sikap saling tolong menolong dengan sesama dan bergotong royong. Kebanyakan masyarakat lebihnya lebih agamis.
Namun walaupun kita sudah tahu tentang kebudayaan bangsa timur, bukan berarti kita selalu beranggapan kalau budaya timur lebih baik dari pada budaya barat. Karena semua hal pasti ada negatif dan positifnya. Tidak setiap budaya timur maupun barat dapat diterima oleh setiap orang. Adapun unsur kebudayaan asing yang sulit diterima, misalnya :
1.      Unsur-unsur yang menyangkut sistem kepercayaan, seperti ideology, falsafah hidup dan lain-lain.
2.      Unsur-unsur yang dipelajari pada taraf pertama proses sosialisasi.
3.      Pada umumnya generasi muda dianggap sebagai individu-individu yang cepat menerima unsur-unsur kebudayaan asing yang masuk melalui proses akulturasi.
4.      Suatu masyarakat yang terkena proses akulturasi selalu ada kelompok-kelompok individu yang sukar sekali atau bahkan tidak dapat menyesuaikan diri dengan perubahan-perubahan yang terjadi.

Beberapa factor yang memengaruhi diterima atau tidaknya suatu undur budaya baru adalah:
1.      Terbatasnya masyarakat memiliki hubungan atau kontak dengan kebudayaan dan dengan orang-orang yang berasal dari luar masyarakat tersebut.
2.      Jika pandangan hidup dan nilai dominan dalam suatu kebudayaan ditentukan oleh nilai-nilai agama.
3.      Corak struktur sosial turut menentukan proses penerimaan kebudayaan baru. Misalnya sistem otoriter akan sukar menerima unsur kebudayaan baru.
4.      Suatu unsur kebudayaan diterima jika sebelumnya sudah ada unsur-unsur kebudayaan yang menjadi landasan badi diterimanya unsur kebudayaan yang baru tersebut.
5.      Unsur yang baru itu memiliki skala yang terbatas.

Kesimpulan :
Indonesia memang menganut budaya timur yang masih menjunjung tinggi sopan santun, gotong royong dan tolong-menolong antar sesama. Tapi bukan berarti budaya timur baik seutuhnya. Karena setiap Negara yang menganut budaya timur tidak sama, memiliki kepribadian masing-masing. Namun walaupun kita sudah tahu banyak tentang kepribadian bangsa timur, bukan berate budaya timur lebih baik dari budaya barat. Bisa jadi budaya timur unggul dalam satu bidang, dan budaya barat unggul dalam bidang lain.

Sumber :
http://kompasiana.com
http://wartawarga.gunadarma.ac.id/2010/02/2-3-%E2%80%A2kepribadian-bangsa-timur/

No comments:

Post a Comment