Sunday, November 2, 2014

Perbedaan Organisasi Niaga dan Organisasi Sosial

Sebelum kita membahas tentang Organisasi Niaga dan Organisasi Sosial, terlebih dahulu kita tau pengertian oranisasi Niaga dan sosial.
Organisasi Niaga adalah organisasi yang tujuan utamanya mencari keuntungan. Dalam era globalisasi saat ini, manusia berlomba-lomba untuk memenuhi kebutuhannya dan organisasi ini berhubungan dengan ekonomi. Kebutuhan pasar yang makin menggila mendorong para Niaga untuk mencari strategi agar dapat mencapai tujuan utama, yaitu mencari keuntungan. Yang termasuk dalam Organisasi Niaga diantaranya Koperasi, PT, CV, Joint Ventura, Holding Company dan Kartel.
Referensi : http://senadhika6.wordpress.com/2014/10/20/pengertian-organisasi-niaga-sosial-regional-dan-internasional/

Sedangkan Organisasi Sosial adalah oerkumpulan sosial yang dibentuk oleh masyarakat, baik yang berbeda hukum maupun tidak. Yang berfungsi sebagai sarana partisipasi rakyat dalam membangun bangsa dan negara. Manusia membentuk organisasi sosial untuk mencapai tujuan-tujuan tertentu yang tidak dapat mereka capai sendiri.

Alvin L. Bertrand (1980: 25) mengemukakan pengertian organisasi social dalam arti luas adalah tingkah laku manusia yang berpola kompleks serta luas ruang lingkupnya di dalam setiap masyarakat. Organisasi social dalam arti khusus adalah tingkah laku dari para pelaku di dalam sub-sub unit masyarakat misalnya keluarga, bisnis dan sekolah.

Menurut saya dari pengertian diatas sudah jelas adanya perbedaan antara Organisasi tersebut. Tipe dan bentuk organisasi berbeda, memiliki tujuan yang berbeda tapi saling berkaitan. Organisasi niaga dibentuk untuk menghasilkan sebuah keuntungan. Sedangkan organisasi sosial dibentuk oleh masyarakat untuk sarana partisipasi rakyat yang tidak bisa mereka capai sendiri.

Perbedaan organisasi sosial dan niaga dalam cakupan wilayah regional adalah Organisasi Sosial mempunya wilayah kegiatan bersifat regional dan keanggotaannya hanya diberikan bagi negara-negara pada kawasan tertentu saja. Sebagai contoh adalah ASEAN. Organisasi Niaga menurut wilayah regional berarti organisasi tersebut menargetkan pasar mereka pada negara tertentu dan terbatas.
Menurut wilayah internasional, Organisasi Sosial dalam cakupan ini berarti bentuk organisasi dari gabungan beberapa negara untuk membentuk unit fungsi. Sebagai contoh PBB yang berfungsi untuk memfasilitasi dalam hukum internasional, keamanan internasional dan lain-lain. Sedangkan Organisasi Niaga adalah sama dengan regional, akan tetapi target pasar mereka lebih luas atau mencakup dunia.

Referensi  :  http://ariefpakonk.blogspot.com/2012/11/organisasi-niaga-sosial-regional-dan_27.html

No comments:

Post a Comment