Saturday, November 1, 2014

Hal-Hal Yang Dibutuhkan Untuk Membentuk Sebuah Organisasi

Prof. Dr. Mr Pradjudi Armosudiro mengatakan “organisasi adalah struktur pembagian kerja dan struktur tata hubungan kerja antara sekelompok orang pemegang posisi yang bekerjasama secara tertentu untuk bersama-sama mencapai tujuan tertentu.
Dengan demikian jelas didalam suatu organisasi perlu adanya kesamaan visi dan misi serta koordinasi yang harus terjalin terus menerus dengan baik antar para anggota maupun dengan pimpinan organisasi. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan demi kelancaran jalannya sebuah organisasi. Antara lain :

Sebuah organisasi harus memiliki pimpinan dan bawahan,
Perlu adanya kerja sama dan koordinasi yang baik,
Memiliki Visi dan Misi yang menjadi tujuan organisasi,
Adanya pembagian tugas dengan baik pada para anggotanya,
Memahami mekanisme proses pelaporan dari anggota paling bawah sampai kepada pimpinan yang paling atas. Dengan kata lain, anggota paling bawah tidak diperkenankan memberikan laporan langsung kepada peminpin organsiasi paling atas tetapi wajib melalui kepala bagian (coordinator) masing-masing bidang.


Referensi : jaenamuhamad.blogspot.com/.../hal-penting-yang-harus-di-penuhi-dalam-organisasi.html

Dan menurut saya hal penting yang diperlukan yaitu :
Mengenal orang yang akan diajak berorganisasi.
Membuat sebuah nama untuk organisasi.
Menyusun kegiatan.
Membagi pekerjaan kepada anggota organisasi.

Apabila beberapa ketentuan di atas dapat dipahami dan dijalankan dengan baik, maka sebuah organisasi bidang apapun akan mampu menjalankan tanggung jawabnya dengan baik sehingga tujuan organisasi mampu dicapai secara maksimal.

No comments:

Post a Comment