Wednesday, March 18, 2015

Jenis dan Proses Komunikasi

TUGAS TEORI ORGANISASI UMUM2
RISKA MAHARANI PUTRI
17113796
2KA11

Secara umum jenis komunikasi yaitu:
-          Komunikasi lisan secara langsung adalah komunikasi yang dilakukan oleh dua orang atau lebih yang saling bertatap muka secara langsung dan tidak ada jarak atau peralatan yang membatasi mereka
-          Komunikasi lisan secara tidak langsung (Visual) merupakan komunikasi yang dilakukan melalui perantara alat seperti telepon,
-          Komunikasi tulisan adalah komunikasi yang dilakukan dengan perantara tulisan tanpa adanya pembicara secara langsung menggunakan bahasa yang singkat, padat dan jelas. http://id.wikipedia.org/wiki/Teori_Komunikasi
-          Komunikasi Non verbal adalah komunikasi menjelaskan penyampaian arti dalam bentuk pesan yang bukan berupa kata-kata melainkan melalui misalnya isyarat, bahasa tubuh, kontak mata dan lain-lain.


Adapun jenis komunikasi berdasarkan pendekatan situasional yaitu:
1.       Komunikasi Intrapribadi (Intrapersonal Communication)
Adalah komunikasi dengan diri sendiri. Contohnya ketika kita berpikir.

2.       Komunikasi Antarpribadi (Interpersonal communication)
Adalah komunikasi tatap muka yang memungkinkan respon verbal maupun nonverbal berlangsung secara langsung. Bentuk khusus komunikasi antarpribadi ini adalah komunikasi diadik yang hanya melibatkan dua individu.

3.       Komunikasi kelompok
Komunikasi ini merujuk pada komunikasi yang dilakukan sekelompok kecil. Kelompok merupakan sekumpulan orang yang mempunyai tujuan yang akan dicapai bersama. Komunikasi antarpribadi berlaku dalam komunikasi kelompok.

4.       Komunikasi public
Adalah komunikasi antara seorang pembicara dengan sejumlah orang yang tidak bisa dikenali satu persatu. Contohnya seperti ceramah, pidato, dan lain-lain. Komunikasi ini biasanya berlangsung formal, pasif, dan berisi pesan yang cermat. Komunikasi ini merupakan komunikasi yang direncanakan.

5.       Komunikasi Massa
Adalah komunikasi yang menggunakan media massa cetak maupun elektronik yang dikelola sebuah lembaga atau orang yang dilembagakan yang ditujukan kepada sejumlah besar orang yang tersebar, anonym dan heterogen. Pesannya bersifat umum, disampaikan secara serentak, cepat dan selintas.

6.       Komunikasi Organisasi
Komunikasi ini terjadi dalam suatu organisasi, bersifat formal dan informal. Berlangsung dalam jaringan yang lebih besar dari komunikasi kelompok.

PROSES KOMUNIKASI
Tahapan proses komuniaksi adalah sebagai berikut :
1.       Penginterpretasian
2.       Penyandian
3.       Pengiriman
4.       Perjalanan
5.       Enerimaan
6.       Penyandian balik
7.       Penginterpretasian
Referensi :
http://muharitasks.wordpress.com/2013/07/15/jenis-dan-proses-komunikasi/
Dalam menciptakan sebuah komunikasi dibutuhkan sebuah proses untuk menciptakan komunikasi yang efektif, bagaimana komunikator menyampaikan pesan kepada komunikannya. Sehingga dapat menciptakan suatu persamaan makna diantara keduanya. 

No comments:

Post a Comment