Friday, September 26, 2014

Manajemen, Tata Kerja dan Organisasi

Mary Parker Follet mendefinisikan manajemen sebagai seni menyelesaikan pekerjaan melalui orang lain. Manajemen juga bisa diartikan sebagai suatu proses perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengawasan usaha para anggota dan penggunaan sumberdaya untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Dalam sebuah manajemen membutuhkan seorang manajer, artinya seorang manajer bertugas mengatur dan mengarahkan orang lain untuk mencapai tujuan organisasi.
Referensi :
Tata kerja adalah cara atau metode untuk mencapai suatu tujuan bagaimana sumber-sumber dan waktu yang tersedia dan amat diperlukan dapat gunakan dengan tepat sehingga proses kegiatan manajemen berjalan sesuai sasaran.

Dalam sebuah organisasi hubungan manajemen dengan tata kerja berkaitan satu sama lain. Manajemen yang terorganisir dan tata kerja  yang terencana mampu menyelesaikan pekerjaan sesuai target yang diinginkan. Hubungan manajemen dan tata kerja adalah Manajemen menjelaskan perlunya proses kegiatan dan pendayagunaan sumber-sumber serta waktu yang diperlukan untuk pelaksanaan kegiatan. Sedangkan tata kerja menjelaskan bagaimana proses kegiatan harus dilaksanakan sesuai waktu dan sumber daya yang ada.
Sedangkan Hubungan Manajemen, Tata Kerja dan organisasi merupakan satu kesatuan dan jika ketiganya dijalankan dengan baik maka hubungan timbal balik itu akan saling menguntungkan. Dalam sebuah Organisasi, Manajemen merupakan proses kegiatan pencapaian tujuan melalui kerja sama antar manusia.
Organisasi adalah alat bagi pencapaian tujuan tersebut dan alat bagi pengelompokkan kerja sama. Sedangkan Tata kerja dalam sebuah Organisasi adalah cara-cara bagaimana kegiatan dan kerja sama tersebut harus dilaksanakan sehiingga tujuan tercapai secara efisien.

Seperti yang dikatakan Mary Parker Follet manajer harus mempersiapkan proses, perencanaan. Pengorganisasian, pengkoordinasian dan pengontrolan sumber daya. Pembagian tugas yang diberikan ke organisasi dan pengontrolan sumber daya untuk mendapatkan hasil yang baik dengan cara bekerjasama dan manajemen yang bagus.

No comments:

Post a Comment